Senin, 24 September 2012

Membangun candi

Ini adalah istilah temen gw yang dia pakai kalo lagi bikin paper ilmiah. Seperti membangun candi, satu demi satu. Dan kalo bisa langsung jadi,,, hahaha,, semua itu berawal dari cuti gw yang bikin tugas ilmiah pada numpuk, Ga bisa ikut ujian kalo ga selesai tu candi-candi. Alhasil hari ini gw berkutat dengan para dosen. Kemaren adalah hari gw masuk pertama. Kok hari minggu? Iya, soalnya gw jaga. Dan setelah gw jaga yang notabene adalah 24 jam, bolak-balik ke rumah pas jam makan buat nyusuin baby gw, alhasil tenaga cukup terkuras. Paginya gw lakuin pemeriksaan anak di SD buat bahan tesis gw nanti. Nah, belum selesai gw periksain tu anak-anak,, gw dah ditunggu sama dosen gw buat diskusi soal case report, salah satu candi yang perlu gw bangun. Alhasil, gw minta tolong petugas SD buat nganterin gw naik motor. Mana tu motor bebek bener-bener jalan kaya bebek. Lambreta boneta boo... Sesampainya di rumah sakit, gw, yang notabene kakinya belum pulih akibat dislok kemarenan dipaksa harus berlari. Fiuh,, Untunglah amsih terkejar. Abis gitu, pas istirahat gw sempetin pulang nyusuin anak gw (untung rumah deket) sambil ngeprint referat "another candi" dan langsung kabur ke rumah sakit (lagi) buat ngasiin referat ke salah satu dosen gw. Dan tebak saudara-saudara, malamnya gw ke tempat praktek dosen gw buat ngasiin another case 'repot'.. Fiuh...

Kesulitan gw belum sampai disitu. Case yang pertama dan kedua harus jadi hari kamis, referat harus dimajuin dalam minggu ini. Belum lagi gw harus baca jurnal dan lapor ke dua dosen gw buat case dan referat buat 2-3 bulan ke depan. Fiuhhh... Namun yang paling takjub adalah gw jaga malem, mulai dari hari minggu, rabu dan sabtu. Terima kasih pembuat jadwal jaga :) baru masuk langsung jaga berturut-turut :)

Inilah nasib residen sesungguhnya, harus berkutat dengan tugas ilmiah, diantara jadwal jaga yang melelahkan dan melayani di poli.. Menuntut pelayanan terbaik, senyum yang menawan, dari pagi hingga sore kami menghabiskan waktu di poli, ruangan ataupun UGD, dilanjutkan sampai keesokan harinya bila jaga malam namun tugas ilmiah tetap harus dikerjakan. Pusing, penat membagi waktu, otak dan stamina..

Aku terdiam sebentar. Menghela nafas, mencari sejumput tenaga untuk mendirikan candi-candiku.. Kepalaku pusing... Ketakutan,, apakah aku memiliki cukup waktu untuk mengejar semua ini? Karena dosen-dosenku akan berangkat keluar negri.. Merasa diri tidak mampu.. Dan aku melihatnya,,,,

Kulihat anak bayi ganteng disebelahku. Semua ini kulakukan untukmu, anakku... Bisikku ke telinganya. Karena engkaulah, mommy kuat mengejar semua ketinggalan mommy ketika cuti satu semester kemarin. Senyummu lebih dari cukup untuk mem-booster semangatku mengangkat beban ini. Doa yang kupanjatkan adalah,, Tuhan, berikan aku kekuatan...