Rabu, 08 Juni 2011

Batak undercover


Apa yg terlintas dipikiran lo kalo denger kata "batak"?? Hmm,, kasar, suara bagus, muka kotak, atau bahkan metromini ;p Kali ini gw akan menguak beberapa fakta, tapi bukan untuk mengumbar keburukan kok,, hanya untuk memberi sedikit sisi dari batak. Ya, siapa tau aja kalee, lo2 pade dapet tetangga atau jodoh orang batak,,

1. Keras
Siapa yang ga setuju, ngacung!!! Hampir pasti ga ada. Yup, orang batak keras2, mulai dari keras suaranya, keras kepala, tapiii sifat yang baiknya ya ituh,, keras dalam berjuang. Orang batak itu tahan banting (dan suka membanting, hehe). Sebenernya, karena laki2 batak ga mau dibilang lemah makanya jadi keras. Satu lagi, saking kerasnya sulit bgt buat mengekspresikan rasa sayangnya ;p

2. Sombong
Coba deh liat ibu2 batak kalo ke gereja atau pesta,, Bling-bling mampus,, Dan terkadang suka dipaksakan (ga sesuai keadaan sosek sebenernya). Perhatiin deh,, Kalo orang batak pesta,, Emas bertebaran mulai dari kalung segede gaban, gelang yang udah kaya rante doggy, cincin banyak kaya dukun, bahkan di rambut pun ada hiasan emasnye,, buset dahh,, Temen gw pernah nanya, cut, emg batak kalo ke gereja harus yang mahal yah? tetangga gw keadaannya memprihatinkan tapi kayanya gimanaaaa gt kalo ke gereja (sumpah, gw malu dengernya).

3. Aneh
Alkisah suatu saat pas gw jaga klinik gereja, datanglah seorang ibu2 yang nanya, "pacar kamu apa? pengusaha?" gw menggeleng, "dokter juga?" gw menggeleng, "perusahaan asing yah?" kembali gw menggeleng, "perminyakan yaa?" lagi-lagi gw menggeleng, dia ngeliatin gw rada lama dan tiba2 dia berkata "mau dikenalin ga? kaya, pengusaha loh, bapaknya,, bla bla bla,," gw tersenyum, dia nanya,"mau?" gw menggeleng, dia bilang "kamu tuh ya bla,,bla,,bla" ... Apa yang salah sama gw? Dan ini terjadi berulang-ulang,, keanehan part one

Arisan merupakan ritual yang dibanggakan. Bayangin aja, sebuah keluarga bisa ikut beberapa arisan, sebut saja keluarga gw,, ikutan arisan tambunan, simanjuntak, simatupang, siahaan, silalahi sabungan, raja tambun, simanjuntak kecil, bandung utara, parsahutaon. Fiuhh,, nulisnya ajah bikin pegel. Mau tau alasannya? Biar eksis, biar pas bikin acara banyak yang dateng. Pernah di gereja gw mencuri dengar seorang ibu muda yang curhat, "mama saya meninggal, kami disini ga ngerti, kami kan hidup pas-pasan, jadi ga mungkinlah kami ikut arisan itu, biayanya berat, mending buat beli susu anak saya. Jadi ga ada yang bantuin atau datang pas mama saya meninggal." Miris bgt dengernya.. Keanehan part two

Adat bataak tuh ribet,, misalnya ajah, pas kawin. Buat yang mau kawin diadatin, bersiaplah buat ribet. Mulai dari perkenalan keluarga, si keluarga cowo harus bawa babi, si cewe bawa ikan, terus nanti ada tahapannya, ada acara pengesahan mahar (cewe dihargai dengan angka, what d heck??), dan entah berapa kali tahapan yang sudah barang tentu ribet dan,, mahal!! (makan2 mulu, babi mulu, ikan mulu, ulos2, bir plus amplop2 ga jelas), belum lagi acara puncaknya yang ga berenti dari pagi mpe malem!! Kalo misalnya ada yang ga ada, bisa ribut tuh.. Contohnya kalau salah satu pihak ga boleh ada kepala babi, bisa jadi masalah besar, cuy.. Malu lah, ga hormat lah.. Ckckck,,, harga diri hanya sebatas kepala babi,, keanehan part three

AAhhhhh,,, sudahlah,, maaf loh,, bukan maksud sayah untuk menjelek2kan, tapi ada beberapa hal yang saiah kurang setudju, bukan karena saya benci, bukan karena saya sakit hati,, tapi cobalah lihat lebih dekat,, ini realita yang ada,, walau saya tidak punya hak untuk mencemarkan nama baik sebuah bangsa yang besar,, saya bangga tapi saya berharap kiranya kita boleh mengganti yang bengkok menjadi lebih lurus,,

Apakah salah jika seseorang tidak ikut arisan (karena lebih mementingkan susu anaknya) kemudian dikucilkan?
Apakah salah jika seseorang memiliki pendapat yang berbeda?
Apakah salah jika yang kita bawa adalah hati yang bersih dibandingkan dengan emas yang gemerlap?