Selasa, 17 Maret 2015

Tips sukses PPDS

Beberapa org sering bertanya, meminta tips dan beberapa yg email pada saya ttg bagaimana menjadi PPDS... Banyak diantara teman saya yg sekali daftar langsung keterima, ga jarang sampe berkali2 bahkan ganti jurusan peminatan segala.. So? Kenapa bisa gitu? Belum lagi masalah banyak bermunculan saat menjalani masa residensi. Nah, berikut ini beberapa tips yang akan saya bagi sewaktu saya masih menjalani program residensi.... 

1. Saat ini kebutuhan dokter spesialis memang masih tinggi, namun patut menjadi pertimbangan bahwa umumnya mereka tersentralisasi di kota besar, atau pulau jawa.. Oleh karena itu, saat ini beberapa bagian memiliki kebijakan bahwa sang calon PPDS ini akan menjadi dokter spesialis yang akan membangun daerahnya.. Supaya terdapat pemerataan dan jelas abis ini mau kemana.. Maka tips pertama dan paling penting dari saya adalah....setelah ini anda tau mau ditempatkan dimana, jika perlu ada bukti rekomendasi dari rs bersangkutan yang menerangkan bahwa anda akan kembali ke rumah sakit tersebut..

2. Pas wawancara.. Jujur.. Simple yet crutial! Seringkali si calon itu telah mencoba jurusan yang sama di univ A, namun krn dewi fortuna sedang pms maka keberuntungan bukan milik dia hingga mencoba univ lain..kemudian saat wawancara ternyata ketahuan.. Yup, ada bagian yang seperti itu.. Entah taunya krn dari kolegium atau apapun.. Tapi, jujur itu penting! Ga lupa udah ptt, motivasi yg jelas, pelatihan yg mendukung (ya masa mau ambil bedah blum ikutan ATLS? Well dude, it's a true story dan sukses ga keterima karena alasan ituh), cv yg baik (ada minimal IPK  yaa).. Dan pas jawab tampak meyakinkan tapi ga sombong...

3. Support sistem.. Dalam hal ini intinya adalah keluarga. Mayoritas dari residen itu sudah menikah atau menikah saat masa residensi. Dan merekalah yang akan sering anda tinggalkan.. Anak babysitter? Anak nenek? Mantu ga pernah keliatan batang idungnya? Anak yang hilang ditelan bumi? Suami atau istri yang ga perhatian? Berapa banyak anak residen yang kesepian ditinggal orang tuanya? Oleh karena itu, dibutuhkan support system who always have our back! Keluarga ribut2, si residen menjalani semua sendiri, tentu menjadi beban, padahal kita tahu, menjadi residen saja sudah memiliki beban tersendiri.. So, be thankful if you got them.. Buat yang ga punya, berarti anda akan diberikan kekuatan menjalaninya.. Coz you are not alone! Kalo ga ada yg suport, cari pelarian.. Pria/wanita idaman lain misalnya, hahahahaha.... Bcanda keleusss... Ini beneran, it alwayssss works! Main sama anak! Mau secapek apapun, kalo liat si bocah pasti langsung segerrrrr... Ga tau, si anak itu mengandung amfetamin kali yaks?

4. Be possitive.. The one who decide it will be heaven or hell is...your thoughts!

5. Ikhlas... Sulit untuk menerima kenyataan dimarahi dosen atau senior saat anda sedang lelah sehabis jaga yang tidak bisa tidur, keadaan terhimpit, bukan kesalahan anda, anak sakit bahkan kemungkinan diusir dari kost di saat bersamaan? Well, hal itu bisa saja terjadi! Even worst! Jadi, bersikap ikhlas diperlukan.. Let it go.. Inhale, exhale.. This too shall pass..


6. Carilah teman seperjuangan yang "gila".. Yup, gila! Karena dengan orang2 seperti itulah yang akan membuatmu tetap tertawa, tetap berjuang dan tetap bersemangat.. Boleh berteman dengan si serius, kutu buku itu.. Karena kita akan belajar banyak.. Tapi berteman dengan si "gila" akan membuatmu tetap menjadi manusia.. Need balance! Ekstrimnya.. Knowing the right time to drunk and the right time to learn is the best way to enjoy recidency! 

7. Keep the fire! Ga banyak orang bisa mempertahankan semangat ketika pertama kali menjadi residen hingga akhir masa residensinya.. One thing keep in your mind.. Never forget the motivation


8. Ojek! Maksudnya disini adalah punya asisten yang bisa multi fungsi. Bisa itu ojek, supir dll.. Hahahha, walaupun anda punya mobil mewah, tapi ga akan pernah ada orang yang bisa mengantar anda kemanapun, kapanpun, mengambilkan apapun dimanapun secepat si ojek! Istilah kaki tangan itu penting! Krn anda tidak akan mungkin menghabiskan waktu untuk barang ketinggalan sementara pasien menumpuk, tugas blon kelar atau anak blum dijemput? Hemat waktu dan sangat efisien.. Percayalah, memiliki si kaki tangan kepercayaan kita akan sangat menguntungkan!

9. Cuek! Dan sabar... Hahhaha, saya adalah org yg ga pedulian.. Mungkin terlalu parah, hahhaa.. Tapi kalo setiap omongan dipikirin, bisa gila sendiri! Lah. Kita aja punya masalah.. Ditambah.. Ocehan senior cewek yang kaya bebek, kepo mampus or so.. Ga usah didengerin aje.. Toh ga akan menambah waktu anda dalam menyelesaikan sekolah anda.. Efisien dan selektif dalam mendengarkan.. Kalo ada yang rese, berdoa saja semoga yg pada rese itu cepat lulus.. Doa yg baik.. 

10. E-book.. Ga perlu semua dalam bentuk buku. Lagian, bisa hemat kertas dan duit buat fotokopi.. Kecuali lo mampu beli buku2nya semua.. Lagian, ilmu itu berkembang.. Pas ujian board dulu, temen saya bawa buku banyak bgt. Menenangkan hati sih iya, tapiiiiii ga gt guna jg, toh hitungan jam tinggal ujian. Kurang efektif aja sih menurut saya.. Kalo ada ebook ya akan jauh lbh praktis..

11. Jurnal.. Medicine is a never ending study.. Selalu berkembang.. Makanya update ilmu dengan jurnal.. Investasilah dengan daftar jurnal berbayar.. Rembukan gt berapa orang buat jurnal yg paling sering jadi kiblat bagian kita.. Atau bisa hubungi: (bukan promo, cm gw niat bantu kalian yaa) berrytokojurnal@gmail.com bayarnya 10.000 per jurnal kalo ga salah.. Cepet kerjanya.. Dan ringkes.. Atau pake cara saya, minta password library (institution login) suami yg ambil S3 di luar biar dapet akses jurnal berbayar dengan gratisssss... Hahahahaaa....

12. Never give up! You've come too far to be quit! Inget, ga semua orang bisa berada di posisi kita sekarang!
Yup, mau gimana juga sehari berlalu berarti makin dekat sama ujungnya.. Kalo dah mau ujian, tenang aja.. Nanti juga akan dilewati, cepat atau lambat...

13. Cerdas.. Cerdas cari tempat buat tidur bentar, cerdas cari waktu buat makan, main dan jemput anak! Hehheeee.. Orang "cerdas" itu perluu.. Ada yg hobinya menghilang, mau gimana juga tiba2 bisa "hilang" mendadak, atau tiba2 nunduk taunya ketiduran tanpa ketahuan (mungkin dia lelah!) Menurut saya, diperlukan skill untuk hal seperti itu.. Trus belajar dengan cerdas..nyicilll, mulailah belajar dari yang paling lo suka,, bukan yg paling susah (berdasarkan kata2 senior paling cerdas dan paling baikkk yg udah jadi dosen gw). Jadi stress lo berkurang karena bahan yg paling lo suka udah dikuasai.. Buat catatan kecil yaa.. Info lengkap bisa ditilik di blog gw yg lain (tips untuk ibu2 residen di www.herbert-tuti-nlo.blogspot.com )

14. Belajar bersama.. Kedokteran itu luasssss... Kalo lo bisa hatam semua textbook, lucky you! Tapiii... Hanya 1% yang bisa hatam semua buku. Jadi kalo lo termasuk 99%, lebih baik diskusi, belajar bersama krn apa yg lo baca mungkin beda persepsi dg yg lain baca. Bisa saling melengkapi juga.. Jangan diem aja kalo lg diskusi.. Dosen gw selalu mengingatkan, belajar bersama.. Ga bisa hanya seorang diri.. Cari teman yg bisa belajar bersama, saling berbagi..

15. Money! Hahahaa.. You cant buy a smile with money but you can buy anything with money to make you smile! Minimal makanan, atau baju anak, mainan anak, atauu. Hahahaa.. Semua butuh duit, dear.. Tips: jangan buka instagram ketika anda kesal.. Open order, sis.. POnya kakakkk... LOL! O la laaaa....

16. Berdoa! You cant imagine the power of pray!

Yup, segitu ajah deh.. Semoga bermanfaat.. Semoga pada cepet lulus, pada sukses, pada langgeng sama suami/istrinya, anaknya pada sehat, semoga yg blum dapet jodoh didekatkan jodohnya (padamu, bukan padaNya sampe disebelahNya, hahaahaa).. Selamat malam, Indonesia! 

Dalam keremangan malam.. 03.39