Kamis, 30 Juni 2011

Jangan tanya kenapa


Beberapa orang mempertanyakan hidup ini dan buat gw, percayalah,, Gw sudah mempertanyakan itu berkali2. Dan terkadang memang apa yang kita inginkan tidak selamanya baik buat kita, klise kalo gw bilang Tuhan menyediakan apa yang kita butuhkan bukan kita inginkan. Tapi, hari ini gw kembali ditanya, mengapa jalur yang gw pilih deket banget sama orang mati padahal jujur ajah, gw takut sama kematian, ditinggal dan semacamnya. Dan inilah alasan kenapa gw memilih jalur yang gw pilih sekarang, menjadi seorang neurolog,,

Dulu, enyak gw sukaaa banget sama yang namanya obgyn (a.k.a dokter kandungan), tepatnya enyak ma babe gw. Alasan standar, cepet balik modal. Kalo dipikir2 memang yang tindakan pasti cepet balik modal, tapi ada beberapa alasan vital kenapa gw ga milih bagian ini, 1) karena tangan gw tremor, sementara kandungan pasti berhubungan dengan yang namanya operasi (bedah caesar, kuret, histerektomi etc), 2) Gw ga suka sama yang namanya bau ketuban dan satu lagi dan paling penting, gw ga suka dipanggil malem2 buat operasi, ngelahirin dan semacamnya, belum lagi sekolahnya butuh pengorbanan, salah satunya waktu. Gw ga mau nanti gw ngurusin lahiran anak orang lain tapi anak sendiri gw ga punya waktu buat perhatiin. Cieeehhh, gaya bener ya gw?? Terus, gw ga mau cerai, hehehe,, ga nyambung yah? lagian... Buset dah, kawin aja belon masa langsung cerai, kikikikik...

Pilihan lainnya, kulit. Kalo yang ini enyak gw mau, soalnya dia suka banget ngeliat dokter kulit yang kinclong-kinclong. Tapi, jadi spesialis kulit bukan cuma ngurusin kulit, kan? SpKK itu salah satunya kelamin, ihhh ogah gw sama kutil kelamin dan semacamnya (gw pernah liat tuh penyakit kelamin di papua yang sampai sekarang bikin gw trauma ma gatel2 sendiri dan sejak itu gw bertekad, kaga mau jadi dokter kulit!)

Dokter anak, cita-cita dokter sejuta umat. Entah kenapa banyak bgt yang mau jadi dokter anak, dan alasan paling banyak adalah karena suka anak2. Tapi menurut gw, ga usah jadi dokter anak kalo cuma suka sama anak2 kan? Dokter anak ituh udah bejibun dan udah sama banyaknya kaya kacang goreng, ampir tiap perempatan ada dokter anak. That's my opinion ya..

Dokter bedah, sebenernya sifat gw memang lebih cocok jadi dokter bedah. Dan cita-cita gw yang mulia adalah menjadi dokter bedah urologi wanita.. Pengeeennnn banget. Sangat ingin. Awalnyaaa,,,, Tapi lagi-lagi ada ajah hambatan, tangan gw yang tremor ini ga bisa diajak kompromi. Jadilah aku harus membuang jauh2 mimpi menjadi dokter bedah urologi. Hiks.. Sedih memang, kenyataan pahit tapi hidup harus berjalan.

Dan sekarang, bagian neurologi. Kenapa gw suka? Entahlah, cuma waktu dulu gw pernah rajiiinnn banget ngabisin buku neurologi dalam satu hari dan gw merasa senengg banget. Sampe pas gw koas, gw sempet bilang sama salah satu residennya, "Dok, tunggu saya yah. Saya akan datang kembali" Dan entah mengapa, perkataan hampir 5 tahun yang lalu itu menjadi kenyataan. And here I am. Merajut mimpi menjadi seorang neurolog. Supaya gw bisa agak santai dan bisa mengurus keluarga, supaya gw ga tertekan karena tremor gw, karena angka harapan hidup manusia semakin tinggi dan semakin tua seseorang, masalahnya ke bagian ini, karena gw mengidolakan dosen gw, tapi yang terpenting adalah karena Tuhan menghendaki demikian.

Sekedar share ajah... Jalan yang gw tempuh sebelum masuk neurologi itu sangat berliku dan berat, sejauh apapun kita berusaaha namun tetap hasil akhir ada di tanganNya. Semoga buat kalian di luar sana yang udah ujian, percayalah bahwa dimanapun kalian berada, itu memang sudha jalannya. Mau itu hasilnya nanti diterima atau tidak, semua itu memang yang terbaik untuk kitaa saat ini. Buat yang bakalan keterima, siap2in mental jadi kacung, buat yang ga keterima, tanyakanlah jalan mana yang terbaik. Karena menjadi spesialis ini bukan satu2nya jalan. Ok, pren? Selamat menunggu pengumuman yaaa... GB