Rabu, 14 Mei 2014

Pup bayi saya normal?

Sebagai new mom, seringkali kita bertanya.. Pup anak saya normal ga sih? Saya juga seperti itu.. Ngapain juga saya posting beginian? Karena saya pernah merasa khawatir dengan bentuk dan warna pup anak saya, dan itu juga terjadi bukan hanya pada saya namun pada banyak ibu di luar sana. Saya hanya berusaha berbagi, jadi bukan jorok ya.. Saya juga mencari informasi, makanya saya merasa penting untuk posting hal ini.. Nah, berikut ini adalah gambaran berbagai macam poop.. Buat yg ngerasa eneg, monggo boleh ditutup saja.. Hehehe...


Hari pertama baby kita lahir, warnanya akan hijau kehitaman, lengket, tidak begitu bau sih.. Hal ini disebabkan karena mekonium. Dan hal ini adalah normal. Dalam beberapa hari ke depan warna akan lebih muda dan berpindah menjadi kuning..


Ini adalah poop bayi dengan ASI. agak encer, ga gitu bau (soalnya skrg pas dia dah makan, baunya dahsyat), kadang berubah-ubah juga sih.. Kaya misalnya jadi kehijauan, itu karena ASI yg diminum si kecil itu kurang hint milk, artinya kurang lama kita menyusui di payudara kita. Nah makanya kalo kita menyusui, pastikan untuk menghabiskan satu payudara sampai habis baru ganti payudara yg lainnya. Oh iya, dalam usia 3-6 bulan, wajar kalo pup bayi kita agak jarang.. Pernah tuh seminggu ga pup, itu masih normal krn sedang dicerna sama si baby.. Pasti khawatir, saya aja menghitung berapa hari si unyu ga pup.. Ga jarang juga gw liat bayi sehat nongol di ruang dokter karena mau nanya masalah ini. 


Ini adalah pup normal bayi dengan susu formula. Tampak lebih kuning terang dan lebih kental namun tidak sekental bayi yg sudah diberi MPASI. Lebih kental krn banyak sekali yg belum dicerna oleh bayi kita, untuk keterangan lebih lanjut, bisa melihat postingan saya sebelumnya, asi vs susu formula.


Kadang-kadang, sesekali bayi saya pupnya hijau gelap. Pasti pernah kan? Kalo sekali sekali itu normal, namun sering? Sebaiknya cek ke dokter. Warna hijau gelap ini disebabkan kandungan Fe (besi) yang dikonsumsi kita. Entah itu konsumsi makanan yang mengandung Fe tinggi atau mengkomsumsi suplemen Fe. Kan banyak tuh suplemen atau susu formula yang nambahin Fe. Kalo kebanyakan, dikeluarin di poop jd begini..


Ketika bayi kita sudah diberi MPASI, pupnya akan berubah.. Kadang mengikuti warna makanan apa yang dia makan.. Hehehee.. Konsistensinya juga ikut berubah.. Lebih kental dari selai kacang. Baunya? Hmm, pasti anda mengenalinya.. Bahkan, sekarang si baby sudah bilang pup..bau.. Sambil tutup hidungnya. Hahahaaa....


Ngerasa familiar dengan bentuk pup ini? Hahahaha.. Saya sangat familiar.. Kadang kita nemuin pup yang masih ada potongan-potongan makanan yang belum sempat dicerna sempurna oleh perutnya atau si kecil langsung telen aja tanpa dikunyah.. Hal ini wajar.. 


Pup ini dengan mukus, berlendir. Kalau disertai gejala lain seperti demam, pup berlebihan, tampak rewel, tandanya ada infeksi. Pup seperti ini juga bisa didapat dalam keadaan alergi. Namun ini bisa normal apabila tidak ada gejala lain karena saliva dalam mulut yang tertelan tidak akan dicerna dan bisa memberikan gejala seperti ini.


Ketika bayi kita sudah makan makanan padat, kadang kita melihat pupnya keras. Seringkali diikuti wajah di baby yang tampak tidak nyaman, berusaha pup. Perbanyak minum, beri jus buah.. Atau keadaan ini bisa juga dsebabkan karena alergi protein. Sebaiknya hubungi dokter apabila sering dan dibarengi dengan darah..


Apabila pup baby kita disertai darah segar itu mungkin disebabkan alergi, apabila konstipasi diikuti darah maka mungkin karena robeknya pembuluh darah di daerah anus karena mengedan terlalu keras, apabila diare disertai darah ini disebabkan infeksi bakteri. 


Ok, moms.. Itu adalah sedikit info tentang buang hajat.. Hahaha.. Silahkan cek ya moms.. Semoga info ini bermanfaat dan bisa mengurangi kegelisahan para mom sekalian.. Tetaplah berikan makanan sehat, bersih, apabila beri susu formula jangan lupa botol disterilkan..

Keep healthy, mom..