Rabu, 23 November 2011

I'm pregnant

 
Yes, I am pregnant.. Dan saya mau share sama kalian semua di luaran sana about pregnancy and so on,, No, no, I wont give a lecture,, Sekedar share ajah, karena toh ini adalah kali pertama saya hamil. Dan yang saya pelajari dahulu pas jaman kuliah beda banget kalo dirasain sendiri..

Kehamilan adalah anugrah..
Pertanyaan pertama, kapan kita hamil?
Tanda-tanda kehamilan tuh banyak, yang paling gampang adalah terlambatnya jadwal menstruasi anda. Maka ada baiknya buat yang mau menikah melihat siklus menstruasinya, menurut teori sih kita mesti melihat jadwal siklus selama 6 bulan ke belakang,, Kalo terlambat, cobalah test kehamilan yang tersedia di apotik terdekat. Apa lagi tandanya? mual, muntah, sering buang air kecil, suhu basal yang selalu tinggi, lemah, kadang terdapat 'bercak'yang sering dianggap calon mommy sebagai tanda menstruasi padahal itu adalah tanda implantasi, payudara yang semakin membesar, sensitif terhadap bau-bauan dan buat saya yang terutama adalah selera makan yang sangat tinggi,, haahhahaha,, bayangin ajah, tiap 2-3 jam saya selalu merasa perut saya perih dan belum diisi apapun,, makaaannn terus,, dan tidak jarang saya terbangun malam hari karena lapar (just like now),, *sambil mengunyah*


Pertanyaan kedua,, kapan kita kontrol?
Sebaiknya setelah kita mengetahui kita hamil, kita memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan. Pemeriksaan awal berupa screening prenatal (pengambilan darah untuk memeriksa kadar darah, urine lengkap, TORCH) dan untuk dokter kandungan biasanya melakukan USG dalam menentukan usia kehamilan,, sebenernya kita bisa menghitung sendiri, ada rumusnya,, berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT),, hari (+7) bulan (-3) tahun (+1) misalnya saja saya,, haid terakhir saya 14-09-2011 (3 hari sebelum saya menikah, hehehe) maka perkiraan kelahiran bayi saya tercinta adalah tanggal 21, bulan 6 tahun 2012,, sebenarnya sih +/- 2 minggu, kalo menurut USG perkiraan sih 29-06-2012,, kita lihat saja nanti,, Ah, kembali ke pertanyaan semula.. kapan kita kontrol? Dari awal kehamilan sampai trimester kedua (0-28 minggu) 1x/bulan, 28-36 minggu 2 minggu sekali, >36 minggu periksanya tiap minggu. Laboratorium dilakukan setiap trimester dan apabila terdapat indikasi tertentu.. Trimester ketiga dilakukan USG screening,, CTG juga biasa dilakukan,,



Pertanyaan ketiga,, sex during pregnancy..
Hehehehe, buat yang satu ini sebenarnya ga ada larangan kecuali apabila ada riwayat persalinan prematur, adanya perdarahan, penyakit menular seksual, plasenta previa (plasentanya dekat dengan leher rahim, gejalanya umumnya perdarahan pada trimester ketiga). Sebenarnya kadang dengan melakukan hubungan seksual terkadang wanita merasakan orgasme (atau multiple), hal ini mungkin disebabkan adanya lubrikasi yang cukup. Namun yang harus diperhatikan adalah posisi. Untuk yang satu ini saya tidak dapat menjabarkannya karena suami saya berada nun jauh disana jadi saya tidak memiliki pengalaman yang cukup untuk hal ini. Hehehehhe..


Dan pesan-pesan saya sebelum saya tidur kembali ke peraduan saya (persiapan karena saya harus jaga malam hari ini, daan sampai jam 3 pagi saya bahkan belum tidur):
1. Makanlah yang bergizi
2. Hiduplah sehat fisik dan mental, tenangkan pikiran, jangan stress,, saya saja yang menjalani kehamilan tanpa didampingi suami dapat tertawa bahagia, hanya satu kendalanya,, selalu laparrr,, hehehe
3. Pantaulah gerak si baby, bila ada kelainan segera periksakan jangan ditunda.
4. Senam hamil, perawatan payudara
5. Jangan minum obat sembarangan, merokok atau dekat dengan perokok (melirik suami saya) tapi kalo "merokok" yang satu itu boleh laahhh hahaha, jangan minum minuman beralkohol, jangan kontak dengan anjing, kucing (hiks, dadah pepeewww)
6. Dengarkan musik klasik
7. Banyak berdoa

Terakhir, selamat buat para calon ibu, buat yang belum berhasil jangan patah semangat, hajaarrr teruuusss,, buat yang belum menikah,, Dont try it at home, darling,, Sekian, saya mau tidur lagi yaaa,,,