Minggu, 08 Januari 2012

berbeda dalam jas yang sama





Hari ini,, persiapan menuju pembunuhan massal selama seminggu ke depan *kaki udah gemeteran*. Karena menurut penerawangan saya, saya akan maju 2 referat dan 1 kasus dalam jangka waktu dekat... Bukan hanya itu, setelah ini mungkin gw akan dilempar menuju UGD (sebenernya males kalo di UGD karena semua pasien dikerjain sendiri),, tapi yah ternyata nangkring di poli SP juga sama ajah. Kaya hari ini, gw baru bisa makan setelah jam 1 lebih karena entah kenapa hari ini pasien epilepsi banyak sekali yang kontrol... Anak di perut gw udah protes dan berguling-guling (lebay)

Berhubung hari ini adalah hari pertama gw kembali ke lapak poli setelah melanglang buana ke bagian lain, maka ritme tubuhpun berbeda. Biasanya gw memiliki kebiasaan hidup yang lebih "santai" namun setelah masuk ke poli, adrenalin terpacu dan dipaksa untuk membanting tulang.. Sambil menerima pasien, tiba2 lewat teman2 sejawat dari bagian jiwa (yang pada saat gw mulai makan siang yang terlambat), dia malah lenggang kangkung keluar bawa tas. Otomatis gw mengucek2 mata dan ternganga. What? Santai sekali hidupnya?? Dan gw memilih topik untuk membahas gambaran kebiasaan para PPDS tiap bagian (maaf ya, bukan maksud ane menyinggung, tapi cobalah membaca dan siapa yang setuju dengan saya silahkan mengangkat tangannya...

PPDS Dalem: paling khas dari mereka adalah stetoskop yang selalu menggantung di leher, perbedaan mereka yang cukup signifikan dengan bagian kardiologi adalah residen kardiologi hampir dapat dipastikan membawa stetoskop littman (merk, red). Dan entah mengapa wajah mereka tampak kuyu, lemah, letih, lesu, stres dan hampir semua teman saya memiliki perubahan perilaku (mungkin akibat tingkat stres yang tinggi,, angka kematian ajah diitung, makanya setiap pasien tidak sadar selalu dianggap stroke/meningitis ;p --> it's true, babe *tepok jidat*). Angka kematian pasien mereka ga boleh banyak, dan gw berfikir,, jika kondisi tersebut diberlakukan ke residen neuro, saya rasa residen neuro akan kosong karena umumnya pasien kami adalah terminal state alias dah itung mundur. Jadi, kami telah terlatih dengan berbau kematian, tidak kaget menangani pasien tidak sadar dan berteman dengan maut.

PPDS kulit: paling seneng deket2 sama residen kulit, mereka tuh wangi2, bersih, muka kinclong, baju up to date, sepatu hak 12 cm gw rasa, even para prianyapun tampak "cantik". Kalo mereka lewat tuh rasanya angin surga... Ruang perawatan jamkesmas neuro kan sebelahan sama kulit, kalo mereka visite yah,, hmmm,, otomatis pria2 itu langsung, "hadap kanan, grak??" Siapa yang ga mau disuguhin cewe2 mulus dan wanginya mampu mengusir bau stroke perdarahan?? Temen gw pernah nanya ma gw, mereka tuh mandi pake parfum yaks?

PPDS anak: mukanya kaya anak kecil, yang cowonya mayoritas ga jelas jenis kelaminnya,, (no heart feelin yoo,, tapi setelah gw survey pada ngomong begindang, bo0o...). Khas mereka adalah stetoskop yang berwarna-warni dan penuh gambar lucu2. Kalo semester satu bagian ini keliatan banget kacungnya, sepatu teplek (kalo jalan ga boleh kedengeran suara pletak-pletok) dan ujungnya HARUS BULAD seBULAD-BULADnya.. Satu lagi,,, wajib, harus, kudu, must pake ROK dibawah lutut. Ditambah lagi selalu membawa buku kemana-mana. Mukanya ancur kalo kualif, campuran ga tidur, badan bongkok saking hormat sama teteh dan akangnya plus akibat berdiri terus. Sudah menjadi rahasia umum kalo kualif anak ituh ga boleh duduk kalo jaga (nasibmu, nak..).

PPDS URM: tampak santai, selalu membawa status birunya, kalem dan selalu datang menggerombol. Tiba2 mereka datang dan pulangpun kadang kami tak tahu. Entah kenapa, mereka tampak sering berbisik-bisik... Kadang gw bertanya, apa yang mereka obrolin yaks sampe harus bisik2 gitu??

PPDS Bedah: Paling gampang, paling mudah dikenali.. Residen dengan gaya santai, memakai jeans juga ga napa, yang mereka bawa bukanlah buku melainkan rokok, gaya bicara yang slenge'an dan hobi sekali mengganggu wanita (buat yang pria) --> salah, mereka hanya "ramah" ;p. Tiap bagain beda, kaya misalnya residen ortho,, kalo dulu sih badannya gede2, tinggi, putih, ganteng,, sekarang kayanya gizinya kurang makanya jadi agak kerdil, sedikit kurus dan ganteng? hmm, ganteng kan relatif yah, jelek yang mutlak :D... Kalo residen bedah syaraf, liat ajah,, jas mereka tuh panjang, kalo jumat putih2 mpe celana juga putih. Tapi yang gw suka dari bagian bedah tuh anaknya ramah2 ga kaya ...... (yang itu tuh,,;p)

PPDS obgyn: kalo bagian ini, yang gw agak malas berinteraksi sih,, (kecuali ma temen2 gw), soalnya kalo gw konsul yang jawab malahan anak semester satu yang ga ngerti mau ngapain. Cuman nulis follow up doang. Dah beberapa kali gw didatengin anak residen semester satu yang cengo, bengong dateng ke bagian gw lantaran ga ngerti apa yang disuruh kakak kelasnya. Gw: mau apa? X: ini bagian neuro kan teh? Gw: iya. X: mau nanya sama pasien, Gw: namanya? X: bentar teh, saya telfon dulu. Gw:(menghela nafas) X: oh, saya cuma mau liat apa udah dijawab konsulnya teh. Gw: nama pasiennyyaaa? (mulai marah) X: pokoknya yang konsul teh. Gw: cari sendiri yah (yang konsul bukan cuma satu kaleee). Tiba-tiba dateng seorang temennya, ini jawabannya (sambil ngasi kertas), Gw: hehh??? jadi lo ngapain X??? Belum lagi kalo mereka pas konsul cuma ngasi selembar kertas doang (dikira gw dukun ape mpe cm selembar kertas doang dikasinya?)

PPDS neuro: berhubung karena ini bagian gw, makanya gw akan seobjektif mungkin. Residen neuro identik dengan membawa tas. Entah karena ga punya loker atau memang hobi menangkan hati dengan beban di punggung. Para lelakinya juga ga sejati ah menurut gw, pada ga jelas juga... Anaknya umumnya baik-baik (kayanya, minimal penampakan luar deh), mau dizolimi (kalo dimarahin sama bagian lain juga silahkan saja, nerima limpahan pasien dari bagian lain juga sudah biasa, makanya,, baik, kan?) dan selalu membawa palu kemanapun dia pergi. Hobinya adalah mengeker mata orang.. Kalo lampu di UGD tiba2 gelap, maka dapat dipastikan anak neuro sedang "ngintip" mata pasien. Jika ada residen nyuruh pasien tersenyum atau menyengir (sesakit apapun dipaksa untuk tersenyum), pastilah itu residen neuro (periksa nervus VII, red). Atau dengan sadisnya menekan diantara kedua mata pada pasien tidak sadar, itu juga residen neuro. Udah ah, nanti ketauan lagi rahasia anak neuro, wkwkkwkwk...

Maap yee kalo-kalo ada yang tersinggung.. Itu kan hanya dari penerawangan saya,, Ga semuanya gt kok, cuma mayoritas ya begitu (teteup).. Sudah ah, sudah malam.. Sudah waktunya buat gw supper (gayaaa,,, padahal ni anak emang bawaanya laper mulu,,,, Sukses ya buat semua residen2 temenku, tetep jalin hubungan baik dan makasih juga buat semua kerjasama,, yang baik ditingkatkan, yang buruk diperbaiki,, karena kita memang berbeda dalam warna jas yang sama.. God bless....