Sabtu, 09 Januari 2010

antiSoSiaL


Hahahaha.. Finally gw bisa nulis lagi setelah sekian lama karena sudah pasti gw sibuk. BANGEDS. Mulai dari main game, add friends di salah satu jejaring yang ga gt populer disini (intinya teteup buat nambah sisters di game ntu), dan yang pasti lagi tergila-gila sama yang namanya buku. Selama ini gw sebenernya sering banget beli buku tapi kerja, ujian dan semuanya bikin gw membiarkannya tergeletak dan mulai berdebu. Pas kemaren gw cek tu buku2 ternyata banyak yg belum gw baca. Akhirnya beberapa hari ini gw menyibukkan diri dengan blind eyes, 450 gr, man and boy, man and wife, beberapa buku self help dan yang pasti 2 majalah bulanan gw (buku yg laen jangan sirik yaa). Kalo dipikir-pikir semua ntu bikin gw ga punya waktu buat...orang lain.

Yup, terkadang kita memang harus punya yang namanya 'me time'. Tapi semua hal itu ga berlaku kalo ponakan gw dateng ke rumah. Dia nginep sepanjang liburan dan yang lebih parah tuh dia ga mau lepas dari gw, bahkan ikut-ikutan pas gw mau kerja. Untung aja waktu itu gw bawa dia pas di rumah sakit ibu anak sehingga meminimalisir terpapar orang sakit. Waktu ntu ponakan gw minta diajakin berenang dan hoala.. Gw dah kaya ibu2 yang ngegotong semua perlengkapan renangnya plus repot karena gw juga harus bawa berbagai macam kertas buat laporan rumah sakit. Dia ngotot mau bawa cemilan. Akhirnya gw ngalah dengan ngajakin dia ke swalayan yang terdekat RS dan dengan semangat 45 dia minta naik angkot (jujur, gw termasuk orang yang sangat jarang naik kendaraan umum). Jadilah dengan begonya gw bayar 4000 untuk perjalanan yang ga memakan waktu lebih dari 10 menit itu (kaka gw bilang mestinya 2000 ajah). Dan disinilah gw menemukan salah satu benda menarik yang terpampang dengan lucu di sini.

Trus kita berenang sampe kecapean. Malemnya ketika lagi2 gw main game, gw coba renungin. Ternyata dengan adanya koneksi internet yang sudah semakin terjangkau, gw ngerasa tiap2 orang mulai mengurangi interaksi sosial secara 'nyata'. Gw yang termasuk orang yang tidak terlalu freak ajah dah mulai ngerasain hal itu. Pas lagi di kafe, liat ajah orang pada mantengin BBnya, laptopnya, di tempat kerja ga usah ditanya lagi. Lagu onlen pun menjadi wajar ketika nyokap gw mulai nyanyi buat nyepet gw. Berbagai situs jejaring sosial, game dan even blog inipun menyita waktu kita untuk menjadi orang yang antisosial semu. Semu karena sebenarnya kita tidak betul2 anti sosial karena kita sebenernya chat, komen di posting or status orang, foto or that kind lah.. Tapi antisosial juga karena kita menjadi asik dengan dunia maya yang judulnya ajah udah MAYA. Ga dipungkiri teknologi memudahkan kita namun sebaiknya hidup juga harus seimbang. Berinteraksilah dengan orang-orang NYATA yang ada di sekeliling kita seperti saudara, orang tua, teman-teman kita karena kitapun tetap membutuhkan mereka.

Mungkin kita ga sadar tapi ponakan gw menyadarinya dan dia langsung matiin laptop, menangis dan merengek karena merasa tantenya hilang dari kenyataan. Sebarkanlah pertemanan, kasih sayang. Namun yang terlebih penting dengan orang yang berada di sekitar kita dahulu. Jangan buat mereka menunggu. Love you all...