Minggu, 27 Desember 2009

kawin..kawin...


Inilah sikap nyokap gw, liat undangan.. menatap tajam padaku dan bertanya, "kapan kawin?" Kalo ada berita melahirkan, menghea nafas panjang dan berkata, anakku kawin aja belun. Dan sebelnya adalah dia terserang sindrom panic attack edisi spesial 'anakku tak kawin-kawin. Kelakuannya jeng, paraaahhh. Mulai dari obral no hp gw ke semua kumpulan ibu2, hunting cowo yang belun menikah, ngintipin gw tiap kali ada telfon, jejelin gw dengan kata2 menusuk seperti echa ajah dah bisa milih cowo (echa tuh ponakan gw), trus yang paling parah bilang gini.. kok akrab bgt ma pepew? masa pacaran ma pepew?? (which is my doggy).. Adoh, sebenernya asal lo tau ajah, nyokap gw tuh lebih 'gatel' daripada gw. Dan dimata dia apa yang gw lakuin itu selalu salah. Misalnya, kamu ga pernah angkat telfon yah? Kamu pasti ngomongnya kasar, kamu sih jelek-ga kaya mama yang cantik. Plip des, mamita...

Dan kenapa gw tulis tentang kawin hari ini? Yup, ini semua lantaran hari ini gw kebagian jadwal jaga di klinik gereja nyokap (padahal nyokap masih di jakarta dan asal lo tau aje, gw ga suka gereja di situ, gw dah punya gereja sndiri). Dan salah satu alasan terbesarnya ya ini.. Seperti biasa gw selalu ditanya tentang status, dimulai dengan.. "nyonya apa?" Jawab gw, "masih nona, inang" (inang=ibu,red). Dia bertanya lagi, "oh..masa?" (tatapan mencurigakan, sedang yang lain melongok dari luar ruang praktek sehingga sangat nampak kalo menguping). Gw jawab dengan pasti, "iya inang..". "Marga apa? Nanti inang cariin mau?" kata inang 1. Inang 2 yang sedang menguping bilang, "ah, mungkin terlalu milih". Belum sempat gw jawab inang ke 3 yang juga nguping bilang gini, "dulu sih ga mau sama sodaraku". (Damn, apa pula ini? Gw aja ga kenal sama sodara lo, pikir gw). Pasti ini ulah nyokap gw yang menyeleksi seenaknya dan gw dapet tumbalnya tanpa tahu apa2. Inang ke- -eh, udah yg ke berapa ya? (sumpeh, byk bgt inang2nya). Oh, inang ke 4 bilang "iya, milih dong..kan udah dokter, S2, spesialis..eh, udah spesialis belum kau??" Gw akhirnya bilang, "yah, didoain aja inang. Ga milih juga, mungkin memang belum saatnya aja dapet yang cocok". Padahal jujur, dalam hati sih gw dah eneg bgt. Untung aje gw diselamatkan sama seorang pasien yang mau kontrol. Kirain bakalan selamat, taunya setelah ngobrol dia nanya marga, alamat dan akhirnya bilang, "ah, apa pula kau ini? Panggil ompunglah kau ke aku. Sudah kawin belum kau?" Towewewewew... Again??? Senyum kecut, ga tau lagi gw mau ngomong apa. Akhirnya dia berceramah panjang lebar, mulai dari jangan sekolah ketinggian nanti cowo takut, jadi perempuan harus ingat umur, harus perhatiin permintaan ortu yang pingin punya cucu (wow, nyokap gw curhat apaan yaks?), jangan terlalu milih. Sebel karena diceramahin, gantian gw yang ceramahin dia supaya kontrol teratur, makan dijaga kalo ga komplikasi ke jantung, ginjal, mata dan bisa jadi stroke juga. Hah, ceramahnya dibalas telak dengan ceramah gw yang sengaja gw lamain. Tapi pas keluar dia bertanya "betul kau belum punya?" Doenk!!! Ompung!!!

Ceritanya belum cukup sampai disana. Kebetulan ada seorang pendeta yang masih muda dan lajang yang melayani disana. Hobinya adalah ditensi pas gw jaga. Dan gw mulai mencium gelagat ga enak terlebih karena bokap gw yang aktivis di gereja (baca:aktip pisan maen catur mpe malem) pernah bilang kalo ni pendeta sedang mengincar pasangan dan pendeta yang lain mulai 'berulah'. Suer, kalo yang ini gw males bgt. Tapi apakah harus seperti ini, Tuhan? Aku kan ga bejat2 amat. Berikanlah aku kekuatan untuk.... menengking pendeta ini, hahahaha. Maap ya pak.. Tapi gaya lo tuh.. MaLeZ bgt liatnya tau.... Huff, akhirnya selesai sudah semua pasien dan gw mulai melarikan diri karena tau tu pendeta masih nangkring disono (ya iyalah, wong rumahnya di lantai 2, kikikikikik).

Di jalan gw berfikir, nikah itu kan ga gampang. Bayangin ajah, harus ngurus suami, belum lagi kerja, kalo punya anak lebih repot lagi. Dari pagi dah harus nyiapin makanan, trus kerja, pulangnya nyiapin makan, blun beres2 rumah, nyuci eh malemnya suami minta dilayani. Capeknya ga kira2. Tanggung jawabnya juga gede banget. Waktu buat diri lo pasti kurang bahkan hampir ga ada. Belum lagi untuk Tuhan. Gw salut sama orang yang berani berkomitmen dengan semua itu. Dan gw percaya semua itu ada saatnya. Namun satu hal yang paling gw sesali, paradigma orang Indonesia yang mengganggap ga kawin adalah suatu cela, aib dan perlambang ga laku dan sebagainya. Helow, Tuhan dah ngasih semua indah pada waktunya. Dan mungkin maksud Tuhan belum memberi karena Dia ingin kita lebih dekat padaNya. Dia ingin kita menjadi tangan kecilNya di dunia ini, mengembangkan sayap untuk orang banyak. Ga hanya terkungkung untuk menjadi berkat bagi suami. Dan gw percaya itu. Mungkin Tuhan sedang menyiapkan seseorang disana sehingga ketika nanti Tuhan mempersatukan, kami bersama2 sudah bertumbuh. Dan selama menunggu ini, gw mau fokus sama apa yang ingin Tuhan lakuin melalui hidup gw.

Pernikahan adalah hanya salah satu cara Tuhan dan tetap melajang adalah suatu berkah juga. Gw berharap orang ga memandang rendah orang yang belum atau memilih tidak menikah. Jadi jangan tanyakan kapan gw kawin lagi. Entah kenapa gw mau pasang radio dan lagunya.. kawin.. kawin.. minggu depan aku kawin... Towewewewewew....