Senin, 28 Desember 2009

cint@=skiZofreNia


I'll tell U what i hate most.. My53lF!!! Napa gw ga suka ma diri gw? Karena gw lucu, manis dan NaRciZZ.. hAh@h^ enough ga pentingnya. Sekarang gw lagi pengen ngelakuin satu hal dalam idup gw. Gw pengen banget memaafkan. Damn, easy 2 say, hard 2 do. Masalahnya memaafkan bukan hanya dengan sekitaran tapi yang pasti have 2 deal with urself jugha. Yup, memaafkan orang yang menurut lo udah ngelanggar batas tuh susah. Sebenernya kalo dipikir2 selama ini gw udah memenjarakan perasaan gw, namanya penjara pikiran dan gw adalah hakimnya. Dengan bodoh gw memendam amarah dan tidak pernah berdamai dengan diri sendiri. Percayalah, pada akhirnya lo yang akan merusak diri lo sendiri.

Alkisah ada seorang temen gw yang juga ngelakuin hal yang sama namun berbeda masalah. Dia tuh adalah orang yang susah banget terbuka ma orang tentang kehidupan pribadinya, ga mudah percaya ma orang, terlalu percaya pada diri sendiri. Pada suatu ketika dia ditinggalkan oleh pacarnya. Ok, DIA RASA tu cowo pacarnya. Pada akhirnya si cowok ini pergi dan temen gw mulai menunjukkan 'keanehan', tidak mau memaafkan dan terakhir didiagnosa memiliki gejala skizofrenia (ehm, gangguan jiwa gituh). Jelas gw kaget bgt dengernya. Apalagi hal ini bukan hanya terjadi pada temen gw ajah. Dulu, pas gw masih koas, gw tersadar bahwa ternyata mayoritas penghuni ruang rawat inap jiwa adalah korban dari satu kata..CINTA. Cinta telah menghancurkan mekanisme pertahanan jiwa mereka dan berakhir dalam jeruji RSJ. Wow, hebat bgt kekuatan satu kata ini. Lebih hebat dari virus flu burung, flu babi, SARS, ebola bahkan menyerang lebih ganas dari HIV. Makanya hati2 dalam menaruh hati, hehehe..

Yuk, kita mencoba berdamai dengan cinta dan skizofrenia (sapa tau ajah salah seorang di sekitar anda mengidapnya atau mungkin justru anda???). Sekedar kilas balik, skizofrenia adalah salah satu jenis kelainan jiwa yang biasanya punya gejala kaya berhalusinasi (suka denger suara2 yg orang laen ga bisa denger), bersikap autis (pikirannya tuh dipimpin sama fantasi), gangguan emosi (bisa depresi, afek tumpul, emosi yang ga sesuai dengan keadaan, kaya orang sedih dia malah ketawa ga jelas), suka ngerasa orang lain bisa baca pikiran dia, atau merasa pikirannya tersedot, bahkan kaya kesurupan. Istilah gampangnya sih kaya orang gila yang lo suka liat. Yang paling parah kalo orang skizofrenia ini melakukan aksi harakiri-harakanan alias bunuh diri. Syerem.. Tapi beneran, kenyataan bahwa justru orang yang memiliki pendidikan tinggi memiliki kecenderungan bunuh diri bikin gw ketakutan sendiri mikirin temen gw.

Umumnya sih orang skizofren ini memang memiliki kepribadian yang rentan dan mereka dipicu jadi skizofren karena tidak mampu menahan stres yang ada (dipicu sama suatu keadaan yang mengguncang kejiwaan). Tipe skizofren sendiri ada yang hebefrenik which is gelo pisan, kelakuan aneh banget dengan pikiran yang tidak terkendali. Ada juga tipe paranoid yang meyakini apapun yang orang lain lakukan tertuju padanya, belum lagi skizofren kataton yang bisa ga berubah gerakannya, intinya dia ga bergerak sama sekali bo. Duile, gw pernah tuh dapet pasien gini dan beneran, sekali lagi..beneran kaga gerak! Baiklah, secara garis besarnya setidaknya kita bisa mengambil pelajaran.. cinta itu sumber skizofrenia. Hahahaha, ga juga lah. Tapi cobalah berbagi dengan sekitar anda dan percayalah bahwa cinta dari seseorang itu bukanlah segalanya karena jika kita membuka mata kita maka kita akan melihat bahwa masih banyak orang yang mencintai kita. Curhatlah, berbagilah jika anda merasa sedih atau putus cinta. Dan bersyukurlah dengan keadaan anda karena itu berarti anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan seseorang yang jauh lebih baik untuk anda. Hey, wake up!! Cowo or cewe ganteng di luar sana siap untuk dilahap. Go out and show them how hot u r!! Biar mereka gigit jari karena ninggalin orang yang sangat berharga kaya lo... Gud lak...